Skip to main content

Tempat Wisata Di Pulau Bintan Yang Menawan

Warna Warni - Halo teman-teman, Pulau Bintan menawarkan banyak sekali tempat wisata yang tidak kalah indahnya, namun sayang nama Pulau Bintan buat sebagian besar masyarakat Indonesia belum terlalu dikenal, padahal wisata di pulau ini keindahannya juga tidak kalah lho dengan tempat-tempat lain yang terkenal di Indonesia.

Nah ini ada sebuah liputan dari Trans TV dimana teman-teman akan bisa melihat sendiri keindahan dari Pulau Bintan dan tempat-tempat wisata yang bisa teman-teman kunjungi kalau teman-teman pergi ke pulau tersebut. Yuk langsung saja kita simak videonya di bawah ini,



Untuk versi teksnya teman-teman bisa membacanya di bawah ini,


Berbicara mengenai Singapura pasti yang terbersit di benak anda adalah Pulau Batam, namun ternyata ada sebuah pulau yang tidak kalah cantik dengan pulau Batam, bahkan digadang-gadang sebagai Bali kedua di Indonesia. Salam ragam selamat datang di Pulau Bintan.

Pulau Bintan merupakan salah satu kabupaten di provinsi kepulauan Riau. Sebagai pulau terbesar di Kepulauan Riau, Bintan adalah sebuah tempat dengan ribuan potensi. Melebar dari Selat Malaka ke Laut Cina Selatan pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menawarkan berbagai objek wisata kelas dunia. Yah peluang di Bintan memang sangat beragam mulai dari bidang pariwisata, industri, perikanan, pertambangan hingga peternakan. Untuk menarik minat investor pemerintah Bintan telah mengalokasikan lahan seluas ratusan hektar sebagai areal hutan industri dan pengembangan pantai.

Inilah yang membuat sektor pariwisata Bintan terus berkembang hingga saat ini. Iklim dan kondisi alam yang eksotis menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal maupun internasional. Bintan tak hanya menawarkan keindahan alam semata namun menyuguhkan keragaman yang luar biasa.


Treasure Bay Pulau Bintan

Sahabat ragam Pulau Bintan selalu menyuguhkan wisata kelas interasional dan kali ini saya ada di salah satu tempat wisata yang masih sekarang masih diperbincangkan oleh para wisatawan yaitu Treasure Bay.

Dan ini adalah konsep danau buatan sepanjang sepanjang 800 meter. Seperti apa keseruannya? Ikuti saya!

Treasure Bay adalah satu dari sekian banyaknya objek wisata di Bintan dengan konsep yang luar biasa. Berada di kawasan Lagoi Pulau Bintan, Treasure Bay memiliki konsep kolam renang dan danau buatan terbesar di Asia Tenggara, dengan luas kurang lebih 6,3 hektar. Bagian tepi kolam didesain landai sehingga menyerupai pantai. Bentuk alam di Theresia memanjang dengan lekukan kolam yang jika dilihat dari kejauhan menyerupai hamparan Samudra.


Biaya Masuk Treasure Bay

Untuk bisa masuk ke dalam kawasan Treasure Bay pengunjung hanya perlu membayar Rp100.000,- saja, Rp20.000 untuk entrance fee sedangkan sisanya bisa diisi ulang untuk menyewa sejumlah permainan yang disediakan tempat ini. Berbagai Wahana memang disediakan di Treasure Bay. Wisatawan yang datang tidak hanya bisa mencoba segarnya mandi di kolam namun juga bisa membangun keseruan dengan permainan-permainan yang ada. Kawasan Treasure Bay benar-benar menyuguhkan kemegahan yang memanjakan mata.

Dibuka untuk umum sekitar setahun lalu, Treasure Bay tak pernah sepi pengunjung. Cocok sekali bagi anda yang ingin membangun kualitas waktu bersama dengan keluarga terkasih.

Jadi di Treasure Bay ini pengunjung bisa berenang ya bang ya? Ada beberapa wahana yang bisa dicoba dan kali ini saya bersama dengan Bang Eko diajak mencoba 1 permainan yang cukup menguji adrenalin ya? Namanya apa bang? Namanya Jetovator.Yuk kita mulai. Siap!


Permainan Jetovator

Permainan jetovator adalah permainan yang sangat mengandalkan keberanian. Ini adalah salah satu permainan uji nyali bagi mereka penggila tantangan. Jetovator adalah sebuah permainan air yang mengandalkan daya dorong air yang terhubung di antara pipa mesin jetovator dengan alat ski. Untuk bisa bermain jetovator tidaklah mudah, pemain harus bisa menyeimbangkan tubuh ketika alat jetovator mulai terbang diatas permukaan air.

Gerakan jetovator merupakan gerakan basic dari permainan flyboarding dan permainan hoverboarding. Saat tubuh mulai terangkat, sensasi keseruan begitu terasa. Untuk bisa menikmati jetovator ini pengunjung harus menyiapkan kocek sekitar Rp 1.800.000,- untuk 30 menit bermain.

Selain jetovator terdapat permainan air lainnya seperti kayak dan cable sky. Bagaimana shabat? Pembuka wisata yang seru bukan?

Tempat Wisata Di Pulau Bintan Yang Menawan

Nah sahabat Ragam, satu lagi objek wisata yang harus dicoba ketika datang ke Bintan yaitu mencoba sensasi terbang bersama dengan Sea Plane, ini jenisnya super drifter 912 dan nanti saya akan diajak untuk terbang mengeliling Bintan selama 30 menit. Ketinggiannya berapa bang? 1400 kaki di atas permukaan laut ya. Penasaran!


Air Adventure Flying Club Bintan

Banyak cara menikmati keindahan kepulauan tropis dan bahari di Bintan. Air Adventure Flying Club Bintan adalah jawaban bagi anda yang ingin merasakan sensasi tersebut.

Superdrifter 912 adalah pesawat amfibi yang bisa mengangkut 1 penumpang. Pengunjung biasanya diantar untuk mengeliling Pulau Bintan selama 20 menit lamanya. Sebelum memastikan untuk terbang dengan pesawat jenis Challenger Ultralite XL 65 ini wisatawan akan diberikan pengarahan tentang hal penggunaan alat pengaman. Pengecekan pesawat pun menjadi agenda wajib untuk memastikan pesawat dalam keadaan baik saat terbang nanti. Beroperasi sejak tahun 2013 objek wisata yang satu ini sudah berhasil menerbangkan ratusan wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing.Setelah diberi aba-aba dan mengisi data diri, pilot mengajak saya untuk menuju ke sebuah danau untuk melakukan take off.

Sahabat anda tidak perlu khawatir ya mencoba terbang dengan Sea Plane ini. Masalahnya pilot pesawat ini memiliki lisensi resmi dan sudah berpengalaman. Pada dasarnya terbang dengan pesawat amfibi cukup stabil, hanya beberapa guncangan saja apabila bertemu dengan angin laut.

Di dalam pesawat tubuh akan diberi tali pengaman dan alat komunikasi agar terhubung dan dapat berbincang dengan pilot. Dalam penerbangan saya diajak menuju ke sejumlah lokasi di sekitaran Bintan Lagoi, mulai dari Lagoi Bay, Lagoon Resort dan sejumlah tempat indah lainnya. Mencoba merasakan terbang diatas ketinggian dengan pesawat yang hanya berkapasitas 2 orang penumpang saja merupakan sensasi yang tak akan terlupakan bagi saya.

Flying Club Sea Plane Pulau Bintan

Fiuh, ini luar biasa! Ini pengalaman saya pertama kali terbang bersama dengan Sea Plane di atas ketinggian 1400 meter di atas permukaan lau dan tadi saya sudah diajak berkeliling melihat pemandangan yang begitu luar biasa indah. Keren banget!

Klimaksnya yaitu merasakan adrenalin tubuh meningkat tak kala pesawat mulai menembus langit Pulau Bintan. Hmm, benar-benar paket wisata yang wajib anda coba.

Thank you for the experience! My pleasure. Nah ini terakhir kita dapat sertifikat ya. Bukti kalau sudah terbang dengan Sea Plane, harus dicoba ketika datang ke Pulau Bintan. Thank you so much! Okey, you're welcome hopefully you'll come back and learn to fly. Yeah.


Pantai Trikora Pulau Bintan

Alam Bintan selalu memberikan kejutan bagi Anda yang ingin lepas dari rutinitas pekerjaan sesaat terdapat beberapa destinasi wisata alam yang bisa anda kunjungi. Nah jika kebanyakan objek wisata di Pulau Bintan bertaraf internasional dan memerlukan budget yang lumayan mahal ternyata ada tempat wisata yang cukup murah meriah. Ini dia pantai Trikora!

Pantai Trikora Pulau Bintan

Pemandangan yang disuguhkan pantai ini tidak kalah cantik. Pantai Trikora adalah objek wisata bahari yang berada di kawasan Malang Rapat Pulau Pucung Trikora 3 Kabupaten Bintan. Wisata ini tidak pernah sepi pengunjung. Keindahan alam yang ditawarkan Pantai Trikora sanggup menghipnotis mata. Aktivitas yang wajib dicoba ketika datang ke Pantai Trikora yaitu berenang.

Perairan Pantai Trikora sangat aman dengan sapuan arus sedang dan dari Pantai Trikora saya benar-benar dimanjakan dengan keindahannya yang tiada dua. Bagi masyarakat Bintan dan sekitarnya Pantai Trikora menjadi objek wisata alternatif yang harus dikunjungi.

Berjalan merasakan lembutnya pasir Pantai Trikora benar-benar membuat saya hanyut dalam ketenangan. Pantai Trikora menyuguhkan pesona alam Bintan yang sebenarnya.

Untuk bisa menikmati kawasan Pantai Trikora pengunjung tidak dikenakan biaya lho. Sahabat cukup membayar sewa parkir kendaraan dan pondok yang digunakan saja. Hingga sore hari menyapa Pantai Trikora terus menarik perhatian wisatawan. Sapuan ombak sedang dengan nyanyian angin khas pantai menjadi alasan untuk wajib bagi anda datang ke sini.


Bukit Es Krim Busung Tanjung Uban

Dari Pantai Trikora saya melanjutkan petualangan menuju ke daerah Busung Tanjung Uban Pulau Bintan. Disini terdapat satu objek wisata yang menawarkan pemandangan yang eksotik. Di salah satu bagian dari Busung tanjung Uban ini anda bisa menemukan gundukan tanah merah dengan bentuk-bentuk yang sangat unik.

Ini saya benar-benar seperti berada di tengah-tengah padang pasir di Timur Tengah sana dan sebenarnya tempat ini adalah lokasi bekas penambangan pasir seluas sekitar 1 hektaran dan dari ujung sana sampai sana kita bisa melihat bentuk-bentuk bekas penambangan yang sangat unik.

Bukit Es Cream Busung Tanjung Uban

Kawasan ini memang bak sebuah hamparan gurun pasir. Gundukan tanah dengan gradasi warna yang senada, sungguh membuat objek wisata yang satu ini penuh dengan nilai artistik. Ini karena bentuknya yang sangat unik masyarakat atau wisatawan mengenal tempat ini dengan sebutan Bukit Eskrim.  Indah banget ya!

Aktivitas penambangan pasir di sekitar Busung Tanjung Uban inilah yang membuat Bukit Es Krim membentuk sedimen bebatuan yang berundak dengan sendirinya. Saat disaksikan dari kejauhan mata benar-benar dimanjakan oleh keindahan alam Bukit Es Krim.

Saya pun memutuskan untuk berjalan dan mengabadikan tiap sudut Bukit Es Krim dalam bidikan kamera. Bukit Es Krim memang tidak dikelola oleh pemerintah Bintan. Meski begitu perpaduan fenomena alam dengan keindahan yang ditawarkan sanggup membuat decak kagum wisatawan yang mengunjunginya.


Kuliner Khas Pulau Bintan

Bintan tak hanya menyimpan segudang destinasi wisata andalan saja, terdapat sejumlah kuliner khas yang juga bisa anda coba. Sebagai daerah Melayu Kabupaten Bintan memang menyimpan beragam resep kuliner yang mampu memanjakan lidah wisatawan yang datang.

Ini cuaca mendung mendung kayak gini paling enak kalau kita menikmati kuliner yang apa ya? Pedas, hangat gitu ya? Iya. Nah satu kuliner yang wajib dicoba di Bintan ini ada namanya asam pedas Melayu ya.


Asam Pedas Melayu

Asam pedas Melayu merupakan kuliner pembuka yang bisa Anda coba. Di Bintan sendiri olahan yang satu ini banyak dijajakan di restoran. Terdiri dari ikan Selar, tomat, cabe halus, bawang merah, bawang putih, gula dan air asam sebagai pelengkap.

Haluskan bawang merah dan bawang putih kemudian campurkan dengan cabe halus. Panaskan minyak sayur secukupnya, tumis bumbu hingga matang dan mengeluarkan aroma harum. Berikutnya masukkan air asam dan tunggu hingga mendidih.

Potong tomat menjadi beberapa bagian, campurkan bersama dengan ikan selar. Ini ikan apa? Ikan selar. Memang untuk ikan Selar ini memang biasanya ditemukan di daerah pesisir.Nah karena memang dagingnya tebal, jadi jenis ikan ini bisa diolah menjadi sambal atau digoreng maupun diolah menjadi olahan yang berkuah. Kita masukin ya.

Tunggu hingga kuah mendidih dan bumbu meresap dengan daging ikan. Daging ikan Selar mengandung energi 100 kilo kalori, protein 18,8 gram dan phosphor 179 mg. Jika daging sudah matang angkat dan asam pedas Melayu pun siap disantap. Ikan Selar memiliki tekstur yang lembut.
Rasanya yang gurih dipadu dengan bumbu asam pedas menjadikan olahan ini begitu nikmat disantap bersama dengan nasi panas.

Asam Pedas Melayu

Sesuai dengan namanya ada pedasnya dan daging ikan Selar ini bener-bener enak karena dia tebal terus lembut, durinya nggak terlalu banyak ya jadi gurih banget.

Sahabat ragam kalau kita berbicara tentang kuliner di Melayu itu memang sangat luar biasa ya kak Icha ya. Mulai dari Seafood pokoknya beragam. Nah kali ini bersama dengan kak Icha saya diajak untuk membuat satu kuliner khas Bintan, itu namanya Sotong Masak Hitam. Pertama kita haluskan bumbu ya.


Sotong Masak Hitam

Sotong atau juga dikenal juga dengan ikan Nus adalah hewan yang hidup di perairan baik air asin, air tawar maupun air payau. Sotong masak hitam juga menjadi salah satu kuliner primadona di Pulau Bintan. Olahan yang satu ini mengkombinasikan gurihnya daging sotong dengan bumbu khas Melayu.

Untuk membuatnya tidaklah sulit terdiri dari Sotong, bawang merah, bawang putih, jahe, merica dan rempah-rempah lainnya. Haluskan semua bumbu kemudian tumis hingga harum. Tambahkan air asam secukupnya. Tunggu kuah mendidik.

Sotong Masak Hitam

Karena biasanya kalau kita masak cumi itu tintanya dibuang sedangkan di Bintan malah tintanya diambil ya? Dicampur ya. Disiram.

Sotong seringkali disalahtafsirkan sebagai cumi-cumi. Keduanya berbeda karena Sotong bertubuh pipih sementara cumi-cumi lebih berbentuk silinder. Campurkan sotong dan tunggu hingga daging Sotong matang sempurna. Diamkan sesaat dan Sotong Masak Hitam siap dihidangkan.

Sotong Masak Hitam ya? Yuk.. Mak makan mak.

Setiap porsi 3 ons sotong yang dimasak menyediakan sekitar 28 gram protein. Jumlah ini adalah 60% dari total jumlah harian protein yang diperlukan untuk kesehatan yang optimal. Diet yang kaya protein dapat membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, obesitas, hipertensi hingga kolesterol tinggi.


Rajungan Saus Telur

Satu lagi olahan kuliner yang wajib dicoba di Bintan yaitu Rajungan Saus Telur. Rajungan Saus Telur memiliki rasa yang sangat nikmat tak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan masakan ini sebagai kuliner wajib di Bintan.

Siapkan rajungan, saus tomat, bawang merah, cabe merah, telur dan cabe halus. Prosesnya dimulai dengan mengiris bawang merah, bawang putih dan cabe merah. Selanjutnya panaskan minyak secukupnya. Tumis irisan bawang dan cabe hingga harum. Campurkan cabe halus aduk sesaat dan campurkan pula saus tomat, tunggu hingga bumbu rajungan saus sambal matang. Beri garam secukupnya dan masukkan rajungan.

Kita masukin rajungan ya. Ini sebenarnya untuk kepiting dengan rajungan itu sedikit berbeda ya. Kalau misalnya untuk kepiting biasanya ditemukan di hutan-hutan bakau sedangkan rajungan ini ditemukan di laut dan rasanya untuk rajungan lebih manis dagingnya ya.

Kita masukkan semua? Satu-satu ya.

Untuk membuat rajungan matang sempurna api pada saat memasak harus stabil. Ini memang khas dari kepiting masak telur. Ini kalau kata orang Bintan apa enak? Lemak. Lemak nian! Sedap.

Rajungan Saus Sambal

Tunggu hingga bumbu meresap dengan daging rajungan, aduk sesaat lalu diangkat. Rajungan saus sambal bisa disantap hangat-hangat. Pastikan anda tetap di Trans7 karena kami akan segera kembali dengan informasi yang tak kalah menarik lainnya. Hanya di ragam Indonesia.

Nah sekian dulu mengenai tempat wisata di Pulau Bintan yang menawan ini. Tentunya teman-teman menjadi ingin pergi ke Pulau Bintan kan setelah menonton liputannya? Sampai ketemu lagi teman-teman.



Baca juga:
  1. Legenda Bukit Posuak
  2. Seribu Menhir Di Dasar Bumi
  3. Cerita Dari Kampung Singkong

Popular posts from this blog

Perjalanan Hidup Bob Sadino

Bob Sadino (Lampung, 9 Maret 1933), atau akrab dipanggil om Bob, adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Dalam banyak kesempatan, ia sering terlihat menggunakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya. Bob Sadino lahir dari sebuah keluarga yang hidup berkecukupan. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Sewaktu orang tuanya meninggal, Bob yang ketika itu berumur 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandungnya yang lain sudah dianggap hidup mapan.

Bob kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia. Dalam perjalanannya itu, ia singgah di Belanda dan menetap selama kurang lebih 9 tahun. Di sana, ia bekerja di Djakarta Lloyd di kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman. Ketika tinggal di Belanda itu, Bob bertemu dengan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed.
Pada tahun 1967, Bob dan keluarga kembali ke Indon…

Vincent van Gogh : Pusaran Badai Hidup Sang Jenius Seni

Kisah Louise Braille

Bagi kaum tunanetra sosok Louis Braille ini ibarat sosok Prometheus. Berkat perjuangan dari Louis Braille dalam menciptakan huruf yang kini kita kenal dengan huruf Braille ini Louis Braille membuka banyak mata para kaum tunanetra sehingga bisa 'melihat' dunia melalui tulisan. Mari kita simak kisah hidupnya..

Prometheus dalam mitologi Yunani adalah titan yang mencuri api milik para dewa yang kemudian diberikannya kepada manusia agar manusia bisa mengembangkan peradaban. Karakter kepahlawan yang seperti Prometheus ini bisa kita jumpai pada diri Louis Braille ini.

Kira-kira lebih dari 200 tahun yang lampau, di Perancis di sebuah desa kecil disana, hiduplah sebuah keluarga sederhana di sebuah rumah batu yang mungil. Simon Rene Braille, seorang kepala keluarga yang menghidupi istri dan empat orang anaknya dengan bekerja membuat pelana kuda dan sadelnya bagi para petani di daerahnya.

Pada 4 Januari 1809, lahirlah seorang anak terakhir dari keluarga Simon Rene Braille, yang diberi n…