Skip to main content

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Motherboard Komputer

Warna Warni - Kita akan menonton video yang disharingkan oleh Tangan Belang mengenai 5 hal yang perlu diperhatikan dalam memilih motherboard komputer. Yuk langsung saja kita simak videonya di bawah ini,


Versi teksnya adalah sebagai berikut,

5 Hal Sebelum Memilih Motherboard

Halo guys, gue Tira dari Tangan Belang. Buat loe yang nyangka bahwa motherboard itu cuma buat tempat naruh komponen-komponen PC, berarti loe perlu lihat video yang berikut ini. Habis ini kita akan ngobrol seputar motherboard, so yeah stay tuned.

Ya memang secara fungsional, motherboard itu adalah tempat dimana loe naruh semua komponen-komponen PC loe, mulai dari prosesor, RAM, sampai graphic card untuk bersinergimelakukan sebuah proses kerja dari sebuah PC. Tapi sebenarnya ada yang lebih dari itu yaitu fungsi konseptual sebuah motherboard.


Fungsi Konseptual Motherboard: PC Blueprint Plan

Motherboard is all about planning, merencanakan ke depannya PC loe akan seperti apa. Dalam membangun PC dalam beberapa waktu ke depan, mungkin loe akan sering berganti VGA Card, menambah RAM, atau bahkan beberapa kali mengganti prosessor. Tapi untuk soal motherboard, harusnya loe akan cuma sekali mengganti motherboard. Oleh karena itu di awal membangun sebuah PC penting banget memikirkan akan seperti apa PC loe ke depannya, setelah itu baru memilih motherboard yang sesuai dengan rencana loe.

Ingat: Motherboard is more than just a component, it's your blueprint plan. Motherboard itu bukan hanya sebuah komponen saja, tapi lebih kepada rancangan dan rencana kita dengan PC tersebut. 

Mungkin loe akan bilang ke gue, lha yang penting kan socketnya sama, kalau socketnya sama pasti jalan kan. Iya sih jalan, tapi disitulah bedanya antara PC builder yang asal jalan dengan PC builder yang memang punya rencana untuk PC-nya.

Memilih motherboard yang tidak asal jalan menguntungkan dari segi:
  1. Kompatibilitas jangka panjang
  2. Efisiensi biaya
  3. Performance terbaik



Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Pada Saat Memilih Motherboard?

Kalau hendak memilih motherboard ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:

Pilih motherboard yang cocok sama CPU

Nah ini tentunya sudah pasti. Proses pemilihan motherboard mengikuti pemilihan CPU, jadi pertama adalah kita memilih CPU-nya dulu baru kemudian selanjutnya kita baru memilih motherboard yang sesuai dengan socket CPU-nya.

Chipset

Motherboard dengan chipset terbaru sama dengan investasi. Sedikit tentang chipset.Chipset adalah jembatan komunikasi antara prosesor dengan komponen-komponen lain dari sebuah PC. Makin update chipset, makin mampu sebuah PC memberikan performance terbaik dan siap untuk update komponen di masa yang mendatang. Memilih motherboard dengan chipset terbaru itu merupakan investasi yang bagus apabila budget kalian memungkinkan. Contohnya chipset 97 untuk intel dan chipset 990FX untuk AMD.

RAM Slot

Pilih motherboard sesuai dengan rencana penambahan RAM. Kalau loe merencanakan ke depannya akan menambah RAM ya sebaiknya pilih motherboard dengan slot yang lebih banyak dan begitu juga sebaliknya, kalau loe merasa cukup cuma dengan dua RAM Slot ya loe pilih motherboard yang cuma ada dua RAM Slot. Itu akan jauh lebih efisien dari segi biaya.


Crossfire atau SLI

Kalau loe ada rencana mau menggunakan dual graphic atau pake dua atau lebih graphic card, ya loe pastikan bahwa motherboard loe punya PCI Line yang cukup banyak buat support graphic card loe. Sebaliknya kalau loe cuma butuh satu atau mungkin ke depannya ah gue cuma butuh dua, ya udah loe pilih motherboard yang hanya punya dua buah PCI line.


Overclock atau Non Overclock

Nah ini juga penting, banyak banget pertanyaan yang ditanyakan ke gue, minta dilihatin specnya dan ternyata mereka pake motherboard khusus overclock, padahal ngga ada rencana overclock juga. Sebaliknya kalau loe sekarang ngga ada rencana untuk overclock tapi di suatu saat loe kayanya gue ntar pingin belajar tentang overclock deh, ya loe dari sekarang pilih motherboard yang cocok buat overclock. Nah inget aja kalau motherboard untuk overclock itu di belakangnya itu ada huruf Z-nya, jadi loe pastikan kalau loe ingin belajar overclock ya loe dari sekarang pilih motherboardnya yang seri Z. Dan juga kalau misalnya loe ke depannya ngga ada rencana untuk overclock, loe ngerasa kalau ah kayanya overclock bukan buat gue deh, gue ngga terlalu ngerti gitu-gituan. Ya loe pilih motherboard yang non Z.

Okey, begitu kira-kira yang bisa gue share tentang motherboard. Saran gue daripada memilih motherboard sekedarnya, lebih baik investasi di motherboard yang agak bagus untuk performance PC yang lebih oke, bukan hanya sekarang, tapi juga nanti.

Ingat! Motherboard itu adalah mengenai merencanakan PC kita untuk masa depan. Terima kasih guys sudah menonton, klik like, dislike, komentar atau share. Thank you guys.

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Motherboard Komputer

Nah seperti itu teman-teman, kalau teman-teman merasa sharing dari Tangan Belang pada video ini bermanfaat untuk teman-teman, jangan lupa untuk SUBSCRIBE ya di channel youtubenya Tangan Belang. Sekian dulu artikel mengenai 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Motherboard Komputer ini, sampai ketemu lagi dan wassalam.



Baca juga:
  1. Beda PC Gaming Dengan PC Editing
  2. Merakit PC Untuk Keperluan Desain Interior
  3. Merakit PC Untuk Keperluan Photoshop

Popular posts from this blog

Perjalanan Hidup Bob Sadino

Bob Sadino (Lampung, 9 Maret 1933), atau akrab dipanggil om Bob, adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Dalam banyak kesempatan, ia sering terlihat menggunakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya. Bob Sadino lahir dari sebuah keluarga yang hidup berkecukupan. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Sewaktu orang tuanya meninggal, Bob yang ketika itu berumur 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandungnya yang lain sudah dianggap hidup mapan.

Bob kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia. Dalam perjalanannya itu, ia singgah di Belanda dan menetap selama kurang lebih 9 tahun. Di sana, ia bekerja di Djakarta Lloyd di kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman. Ketika tinggal di Belanda itu, Bob bertemu dengan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed.
Pada tahun 1967, Bob dan keluarga kembali ke Indon…

Vincent van Gogh : Pusaran Badai Hidup Sang Jenius Seni

Kisah Louise Braille

Bagi kaum tunanetra sosok Louis Braille ini ibarat sosok Prometheus. Berkat perjuangan dari Louis Braille dalam menciptakan huruf yang kini kita kenal dengan huruf Braille ini Louis Braille membuka banyak mata para kaum tunanetra sehingga bisa 'melihat' dunia melalui tulisan. Mari kita simak kisah hidupnya..

Prometheus dalam mitologi Yunani adalah titan yang mencuri api milik para dewa yang kemudian diberikannya kepada manusia agar manusia bisa mengembangkan peradaban. Karakter kepahlawan yang seperti Prometheus ini bisa kita jumpai pada diri Louis Braille ini.

Kira-kira lebih dari 200 tahun yang lampau, di Perancis di sebuah desa kecil disana, hiduplah sebuah keluarga sederhana di sebuah rumah batu yang mungil. Simon Rene Braille, seorang kepala keluarga yang menghidupi istri dan empat orang anaknya dengan bekerja membuat pelana kuda dan sadelnya bagi para petani di daerahnya.

Pada 4 Januari 1809, lahirlah seorang anak terakhir dari keluarga Simon Rene Braille, yang diberi n…